Jumat, 05 Agustus 2011

Sampah, 3R dan Pemilahannya

Di sekitar kita, banyak sekali sampah atau limbah yang bisa dimanfaatkan secara optimal. Dari hal yang paling kecil seperti kertas bekas, keleng susu, kaca/ beling botol, kotoran ternak hingga sampah rumah tangga. Sampah/ limbah tersebut bisa disulap menjadi sebuah bisnis baik yang berskala kecil maupun besar, dari UKM hingga manufaktur.

Definisi Sampah
Apa sih sampah itu??
>Menurut WHO sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya.(ya sampah itu yang kita buang2 dan ga dipake' lagi,,gitu aja kok ribet njelasinnya...)

Lanjut,,,kita bahas 3R>>>

Apa 3R itu ? 
R1=>Reuse (Guna ulang) yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah yang masih digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain
Misalnya:
- Gunakan serbet dari kain dari pada menggunakan tissu
- Gunakan wadah/ kantong yang dapat digunakan berulang-ulang
- Gunakan baterai yang dapat di charge kembali
- Jual atau berikan sampah yang terpilah kepada pihak yang memerlukan
R2=>Reduce (Mengurangi) yaitu mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah
Misalnya:
- Pilih produk dengan pengemas yang dapat didaur ulang
- Hindari pemakaian dan pembelian produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar
- Gunakan produk yang dapat diisi ulang (refill)
- Kurangi penggunaan bahan-bahan sekali pakai
R3=>Recycle (Mendaur ulang) yaitu mengolah sampah menjadi produk baru
Misalnya:
- Pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai
- Lakukan pengolahan sampah organic menjadi kompos
- Lakukan pengolahan sampah non organic menjadi barang yang bermanfaat

Nah,,,Udah tau 3R kan?!?Truss ngapain??

Lanjutt dehh,,,
Klo dah taw 3R, skarang waktunya untuk memilah sampah
Pisahkan sampah menjadi 3 bagian :
1. Sampah non organik tidak layak kompos, seperti:
- Kertas
- Plastik
- Gelas/botol/beling
- Logam, kaleng, besi, seng
- Karet
2. Sampah organik layak kompos, seperti:
- Sisa sayuran
- Sisa makanan
- Dedaunan
3. Sampah mengandung B3, seperti:
- Baterai bekas
- Jarum refill tinta printer
- Dan lain-lain

Emang klo sampah dipilahin dapet apa???
Dapet apaan?ini dia... 
Pertama: Lingkungan bersih ->kalo bersih ( ga ada lalat, ga ada nyamuk) >>SEHAT deh!! ( Kebersihan juga sebagian daripada Iman loh ^^v)
Kedua: Dapet untung, kalo loe bikin kompos bisa dijual air lindi n komposnya, bisa buat bikin kerajinan tangan dari plastik trus dijual, dan intinya hasil dari pilah-pilah tadi dapat dijual ke pengepul (yang penting usaha)

Nah, biar untung yg dipilahin n bisa dijadiin produk olahan, contohnya:
*Sampah Organik (kayak yang udah dijelasin diatas) bisa dibikin jadi kompos, dirumah juga bisa bikin komposter (wadah/tong buat nampung sampah organik jadi kompos)
  • Cara kerja komposter:
    • Sampah Organik dipotong-potong/cacah-cacah (gunanya biar dapet luas permukaan lebih besar jadi reaksi pembusukan lebih cepat)
    • Masukkan ke komposter (tempat sampah khusus bahan organik)
    • Siram dengan starter guna mempercepat pembusukan oleh mikrobia (EM4 ato bikin ramuan starter sendiri) bisa dilakukan tiap 3 hari sekali sambil mengaduk sampah yang baru dimasukkan agar tercampur merata
    • Dalam waktu 3 minggu pertama akan terbentuk air lindi, air ini dapat diambil tiap hari setelah terbentuk. Gunanya sebagai pupuk, campuran penyiram tanaman [campur air dengan perbandingan 1(air lindi): 10(air biasa)]
    • Setelah proses 2-3 bulan dalam komposter, sampah akan berubah menjadi tanah kompos yang dapat digunakan sebagai bahan pupuk tanaman.

*Sampah Non-organik -> dapat kita manfaatkan sebagai bahan kerajinan. Plastik sachet minuman, snack, dan refill merupakan bahan utama yang dapat dikumpulkan dari masyarakat/ warung/ toko/ kafe terdekat. hampir semua jenis bentuk barang kerajinan dapat dibuat, seperti: Aneka jenis tas, dompet, topi, tempat koran, map, bungkus binder, dll.

3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle sebenarnya sangat sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja serta tidak butuh biaya yang besar. Namun dari 3R tersebut dapat memberikan dampak yang signifikan bagi penanganan sampah yang sering menjadi permasalahan di sekitar kita. Ingin melihat dampaknya? Langsung saja dicoba! Mulai dari diri kamu, beritahu ke tetangga kamu, Jangan pernah Menyerah ^^,